Jumat, 26 Januari 2018

8 Makanan Memakai Daun Pisang Disaat Penyajian



Kita boleh berpenghasilan setinggi langit, tapi tetap saja kaki berpijak di tanah. Nama makanan boleh bermacam, tapi yang tersaji di atas daun tetap yang paling, nyammm.

Entah kenapa, daun seperti menambah cita rasa makanan. Walau sederhana dalam tampilan, menyantap makanan yang beralaskan daun tetap menjadi teristimewa bagi sebagian orang.
Nikmat makanan yang dibungkus dengan daun tidak bisa tergantikan oleh kertas apalagi plastik.

Di tingkat paling ‘ekstrim’, bahkan ada orang yang tidak mau makan makanan yang biasanya terbungkus daun, diganti dengan bahan sintetis meskipun bentuk dan warnanya tidak jauh beda.
Penggemar tape misalnya, ada yang menjadi tidak selera hanya karena tape tersebut dibungkus dengan mika atau plastik. Jangankan selera, dilirik saja nggak.

Begitupun dengan lontong, akan menjadi tidak nikmat –iya TIDAK nikmat- apabila disajikan dengan bungkus selain daun.
Daun pisang biasanya menjadi pilihan. Kalian tau, kalau daun pisang mempunyai kandungan polifenol seperti pada daun teh? Polifenol itu, menjadi antioksidan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan pembuluh darah.

Kalian tau kalau daun pisang ternyata berpengaruh menjaga dan memberi khas pada makanan? Wah, wah … kalian harus tau.
Selain itu, daun pisang bisa menjaga ketahanan makanan. Coba buktikan, deh. Tempe, misalnya, akan lebih cepat bosok bila dibungkus dengan plastik, tetapi menjadi lebih awet ketika dibungkus dengan daun pisang.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa itu karena molekul kecil pada kemasan plastik melakukan migrasi pada makanan sehingga membuatnya cepat membusuk. Belum lagi kita tidak tahu plastik yang digunakan berasal dari bahan berbahaya atau tidak; recycle atau bukan, kan?
Oleh karena itu, selain sehat, daun juga lebih sederhana dan terhindar dari bahan-bahan berbahaya.
Nah, inilah beberapa makanan yang akan lebih terasa lezat bila dihidangkan di atas daun pisang.

1. Sate Ayam

2. Nasi Liwet

3. Nasi Pecel

4. Nasi Uduk

5. Nasi Bakar

6. Gudeg

7. Kue Nagasari

8. Kue Lemper


Itulah beberapa makanan yang akan terasa lebih lezat bila disajikan di atas pisang. Sebenarnya masih banyak makanan yang serupa, seperti pepes-pepesan, botok, dll. Tetapi 8 makanan di atas sudah mewakili betapa daun pisang sangat pintar sekali memoles makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar