Jumat, 19 Januari 2018

Ulasan Aneka Macam-macam Tumpeng



Sampai saat ini, mungkin anda mengira nasi tumpeng atau tumpeng hanya memiliki satu jenis. Anda tidak pernah memperhatikan lagi lebih jelas, bahwa mungkin tumpeng-tumpeng yang pernah anda temukan adalah berbeda satu sama lainnya. Terdapat banyak aneka macem tumpeng, walau mungkin anda tidak menyadarinya. Oleh karena itu, berikut ini 9 jenis tumpeng yang biasa digunakan untuk menjadi makanan utama dalam suatu perayaan.
  1. Tumpeng Asrep Asrepan
Tumpeng ini merupakan tumpeng yang menggunakan olahan nasi putih. Bagi anda yang sebelumnya pernah menemukan jenis tumpeng ini, jangan salah mengira tumpeng ini dibuat karena tidak menyukai olahan nasi kuning. Faktanya, nasi putih pada tumpeng ini memiliki tujuan yaitu mengharapkan datangnya kondisi yang tenang dalam hal yang diharapkan. Selain itu, tumpeng ini tidak dilengkapi dengan jenis lauk bermacam-macam seperti pada umumnya. Tumpeng ini hanya dilengkapi dengan sayur-sayuran yang semuannya diolah dengan direbus.

  1. Tumpeng Ponco Warno
Jenis tumpeng selanjutnya adalah tumpeng yang memiliki enam warna olahan nasi. Warna tersebut antara lain adalah merah, kuning, hitam, putih, biru, dan hijau. Alasan dibalik pembuatan tumpeng ini adalah mengharapkan keselarasan antara 6 warna yang mewakili alam-alam gaib yang ada di bumi sesuai kepercayaan Jawa. Sehingga, tumpeng ini pun dijadikan bentuk harapan agar keselerasan antara alam gaib dan alam nyata dapat terlaksana.

  1. Tumpeng Kapuranto
Tumpeng selanjutnya adalah jenis yang mungkin paling jarang anda temukan. Tumpeng ini merupakan tumpeng yang menggunakan olahan nasi berwarna biru. Biasanya biru pada nasi didapatkan dengan menggunakan daun bunga telang dalam mengolah nasi. Tujuan dibuatnya tumpeng ini adalah bentuk permintaan maaf yang dilengkapi dengan tujuh lauk.
  1. Tumpeng Tumbruk
Tumpeng selanjutnya adalah tumpeng yang tentu pernah kamu temui sebelumnya. Tumpeng ini merupakan tumpeng ulang tahun yang dibuat dari nasi kuning dan dilengkapi dengan kacang panjang. Kacang panjang menandakan harapan untuk umur yang panjang. Oleh karena itu, tumpeng ini sangat populer digunakan pada perayaan ulang tahun.

  1. Tumpeng Robyong
Tumpeng ini merupakan tumpeng yang disajikan khusus untuk merayakan hari-hari besar, seperti hari panen, hari mengusir penyakit, dan meminta hujan. Tumpeng ini biasanya akan memiliki telur ayam yang ditusukkan di puncaknya. Selain itu, akan terdapat empat lidi yang disulut kapas dan diberi minyak serta dibakar di sekeliling tumpeng.

  1. Tumpeng Punar
Tumpeng ini dibuat dengan tujuan menunjukkan rasa terima kasih dan syukur, atau bentuk kegembiraan lain. Nasi yang digunakan adalah olahan nasi kuning dengan lauk pauk sederhana seperti tempe, abon, dan lain-lain.

  1. Tumpeng Kendit
Selanjutnya adalah tumpeng dengan nasi berwarna putih dan kuning. Nasi tumpeng ini digunakan untuk menunjukkan bahwa si penyelenggara acara telah bebas dari suatu kesulitan. Nasi tumpeng ini juga sudah cukup populer digunakan, misalnya pada acara syukuran sembuh dari penyakit.

  1. Tumpeng Megana
Suatu tumpeng yang digunakan untuk perayaan lahirnya seorang anggota baru dalam keluarga. Menggunakan olahan nasi putih dan sayur mayur yang menunjukkan kesucian serta harapan-harapan keluarga kepada anaka yang baru lahir tersebut.

  1. Tumpeng Pungkur
Tumpeng ini merupakan tumpeng yang menggunakan nasi putih, namun memiliki bentuk dan cara penyajian yang berbeda. Tumpeng ini dicetak hanya setengah lalu dibelah dua, selanjutnya disajikan dengan berbalik satu sama lain. Biasanya tumpeng ini disajikan di acara kematian.

Demikianlah aneka macam tumpeng yang pasti merupakan informasi yang masih sangat baru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu dalam memilih macam tumpeng yang tepat untuk acaramu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar