Jumat, 20 Oktober 2017

Menjaga Kesopanan Makan Di Prasmanan!



Intisari-Online.com - Prasmanan atau buffet (baca: buffé) merupakan cara penyajian makanan dalam pesta maupun restoran pada beberapa meja panjang sehingga kita dapat mengambil sendiri makanan yang diinginkan.
Penyajian ini tentu lebih praktis, ketimbang harus dilayani oleh pelayan.

Namun seringkali masih ada orang yang tidak dapat menjaga sikapnya sehingga menggangu kenyamanan orang lain.
Misalnya mengambil makanan dengan kasar, bahkan membuat orang lain merasa tidak selera makan lagi.
Dilansir dari thespruce.com berikut ini etiket saat berada pada jamuan makan  

prasmanan alias buffet di restoran:
  1. Pertama, berkelilinglah terlebih dahulu untuk melihat jenis makanan yang disajikan, agar kita bisa memilih makanan yang akan diambil.
  2. Jangan menyerobot antrean walau orang di depan kita orang terlihat masih ragu dengan pilihannya.
  3. Jika masih ragu ingin mengambil makanan yang mana, jangan masuk antrean dulu. Lebih baik pilih dulu, baru ikut antrean.
  4. Jangan menyentuh makanan yang disajikan dengan jari seolah ingin mencicipi. Big no!
  5. Tak perlu memenuhi semua makanan yang dipilih pada satu piring. Namun usahakan untuk menggunakan piring yang berbeda.
  6. Saat mengambil makanan Anda ingin batuk atau bersin, jauhkan tubuh Anda dari meja saji makanan.
  7. Jika Anda sudah duduk di meja dan kemudian ingin kembali mengambil makanan di buffet, letakkan serbet Anda pada kursi untuk memberi tahu bahwa Anda masih kembali.
  8. Hampir semua restoran memiliki aturan tidak memperbolehkan tamu untuk membawa pulang sisa makanan. Jadi jangan dibungkus ya, makanannya.
Bagaimana aturan/etiketnya untuk prasmanan di pesta?

1.      Ambillah makanan secukupnya sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jangan langsung memenuhi piring Anda. Jika masih lapar, Anda bisa mengambilnya lagi.
2.      Jangan desak orang lain di depan kita ketika ia pun sedang mengambil makanan. Berikan ia ruang untuk mengambil makanan dengan leluasa.
3.      Tawarkan bantuan untuk mereka yang kesulitan untuk memegang piring sekaligus mengambil minuman. Utamakan anak-anak sudah menerima makanan terlebih dahulu, sebelum kita.
4.      Makanlah makanan ketika Anda sudah sampai di tempat duduk, jangan makan sambil berjalan.
5.      Jika Anda membawa anak, pastikan untuk bertanggung jawab pada mereka. Jangan sampai mengganggu kenyamanan orang lain saat makan.

Demikian ulasan artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. Untuk info tentang CATERING, kami menyediakan beberapa paket catering murah seperti paket prasmanan rumah dan gedung,menu spesial joglo/gubug, paket aqiqoh, aneka nasi kotak, paket coffee break, paket manten , Alamat Kantor : Jl Raya Bohar no 32 Wage-Aloha Sidoarjo(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah : Tlpn/Sms/Wa, 0857.0601.2354 & 0851.0327.9354

Tidak ada komentar:

Posting Komentar