Senin, 06 November 2017

Cara Penanganan outside catering

Saat kita menerima pesanan outside catering, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu :
  • Bahan baku. Bahan baku harus kita siapkan minimal 2 hari sebelum hari H. 
  • Peralatan. Buatlah sebuah daftar  atau checklist untuk semua peralatan yang dibutuhkan. Hal ini sangat membantu untuk menghindari adanya peralatan yang lupa dibawa atau kurang jumlahnya. 
  • SDM. Hitunglah berapa banyak tenaga waiter yang dibutuhkan untuk penanganan outside catering. Jangan lupa untuk menunjuk siapa sopir atau driver yang akan membantu dalam pengangkutan menu dan peralatan dari restoran ke tempat acara outside catering diadakan.
  • Transportasi. Siapkan juga mobil pengangkut menu dan peralatan yang akan digunakan menuju lokasi outside catering. Segala hal mengenai transportasi harus sudah fix minimal 2 hari sebelum hari H.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanganan pesanan outside catering yaitu :
  • Masalah pembayaran. Pastikan bahwa pemesan telah melunasi pembayaran atau telah memberikan uang panjar (down payment) satu hari sebelumnya. Uang panjar yang dikenakan umumnya 40 % dari total, sisanya dibayar pada hari H setelah selesainya acara outside catering.
  • Jika outside catering dilakukan dengan sistem buffet atau prasmanan, maka hitunglah jumlah piring sebanyak jumlah pemesanan. Misalnya jika pesanannya 1000 pax, maka jumlah piring yang kita siapkan adalah 1000 buah piring. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Untuk memastikan ketepatan penghitungan, lakukan penghitungan minimal 2 kali.
  • Carilah tempat penyewaan peralatan saji berkualitas baik dengan harga sewa yang murah. Hal ini berguna saat kita mengalami kekurangan jumlah alat saji. Misalnya saja, restoran kita mendapatkan pesanan outside catering sebanyak 1000 pax, padahal stock dinner plate atau piring makan di restoran kita hanya 500 buah. Maka kita bisa menyewa 500 piring makan sebagai tambahan di tempat penyewaan alat saji. 
  • Koordinasi yang baik. Koordinasi antara marketing, service dan kitchen harus berjalan dengan baik. Pastikan tidak ada miss dalam hal apapun mengenai pemesanan. Kunci pertama suksesnya acara outside catering adalah koordinasi yang baik antar semua divisi restoran.
  • Catat kekurangan atau kesalahan yang terjadi selama penanganan outside catering untuk dievaluasi. Dengan demikian kesalahan yang sama tidak terjadi lagi di penanganan acara outside catering berikutnya.

Demikian artikel tentang pengertian outside catering . Untuk info tentang CATERING, kami menyediakan beberapa paket catering murah seperti paket prasmanan rumah dan gedung,menu spesial joglo/gubug, paket aqiqoh, aneka nasi kotak, paket coffee break, paket manten , Alamat Kantor : Jl Raya Bohar no 32 Wage-Aloha Sidoarjo(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah :
No. Kantor : 0813.3289.5354, Hp : 0857.0601.2354 & 0877.5262.9357


Tidak ada komentar:

Posting Komentar