Senin, 06 November 2017

Resep Cara Membuat Lontong Sayur

Lontong sayur enak dan murah, cobalah ikuti resep lontong sayur yang dilengkapi dengan cara membuat lontong sayur dari mulai persiapan bahan bahan hingga petunjuk cara bikin lontong sayur. Saat ini ada cukup banyak resep lontong sayur, bahkan beberapa daerah mempunyai ciri khas resep lontong sayur sendiri, seperti : resep lontong sayur jawa, resep lontong sayur padang, resep lontong sayur betawi, resep lontong sayur medan, resep lontong sayur banjar, serta resep lontong sayur dari daerah lainnya. Meskipun demikian pada dasarnya cara membuat lontong sayur cukup mudah, sehingga anda bisa dengan mudah untuk belajar cara bikin lontong sayur sendiri.

Pada dasarnya ada dua tahap dalam mempersiapkan masakan lontong sayur ini. Tahap pertama adalah cara membuat lontong yang lembut dan pulen dan tahap berikutnya membuat sayur lontong yang enak. Lontong sayur termasuk menu sarapan atau bisa juga sebagai jajanan pada siang hari. Pada saat ini cukup mudah ditemukan pedagang lontong sayur yang menggunakan gerobak dorong atau kadang ada juga yang masih berkeliling dengan berjalan kaki dengan pikulan. Kadang pula lontong sayur ini juga di jual oleh pedagang kaki lima yang sering kita temui di tempat tempat keramaian.

Apakah lontong sayur sama dengan ketupat sayur. Kalau dilihat dari sajian sayurnya bisa dibilang saya, jika ada perbedaan, tentunya hanya pada bahan pokoknya saja yakni lontong dan ketupat. Meskipun sama sama terbuat dari beras ( nasi ), namun tampilannya jauh berbeda, jika lontong sayur cara membuatnya dibungkus dengan daun pisang, bentuk bulat, dan warnanya sedikit hijau. Berbeda dengan ketupat yang dibikin dengan dibungkus janur yang di anyam dan berbentuk ketupat, serta warnanya putih kekuningan.

Lantas bagaimana cara membuat lontong sebagai bahan utama jajanan lontong sayur ini. Sebenarnya cara bikin lontong cukup sederhana. Namun anda mesti mempersiapkan bahan bahannya dahulu seperti beras, daun pisang yang lembut ( tidak pecah ) dan lidi untuk pengikat. Namun terkadang juga ada yang membuat lontong dengan dibungkus plastik. Meskipun demikian pada umumnya lontong daun pisang lebih pulen dari pada lontong yang dibungkus dengan plastik. Meskipun terlihat gampang jika kurang pengalaman kadang hasilnya kurang memuaskan, biasanya lontongnya lembek seperti kurang isi.

Bahan Bahan
  • Beras : 250 gram atau sesuaikan dengan banyaknya daun pisang anda
  • Daun pisang : secukupnya ( sesuaikan dengan beras anda ), gunakan daun pisang batu atau daun pisang lainnya, yang penting lemas dan tidak pecah saat di gulung
  • Lidi : secukupnya, atau anda bisa gunakan tusuk gigi
Cara membuat lontong
  1. Langkah pertama cuci beras hingga bersih, lantas rendam hingga sekitar 2 jam, tiriskan.
  2. Buat lembaran lembaran daun pisang sekitar 25 cm, dan pastikan tidak ada yang sobek.
  3. Gulung satu lembar daun pisang dengan garis tengah sekitar 3 cm, kemudian rapatkan salah satu ujungnya dengan tusuk gigi atau lidi.
  4. Selanjutnya isi dengan beras 1/3 bagian dan rapatkan ujungnya, sehingga menyerupai bulat bulatan.
  5. Masukkan dalam panci dengan posisi berdiri, tambahkan air hingga semua bahan lontong terendam.
  6. Rebus dengan api sedang selama 2 hingga 3 jam

Untuk info tentang CATERING, kami menyediakan beberapa paket catering murah seperti paket prasmanan rumah dan gedung,menu spesial joglo/gubug, paket aqiqoh, aneka nasi kotak, paket coffee break, paket manten , Alamat Kantor : Jl Raya Bohar no 32 Wage-Aloha Sidoarjo(Samping apotik bohar & depan perum royal regency wage)
Firmansyah :
No. Kantor : 0813.3289.5354, Hp : 0857.0601.2354 & 0877.5262.9357


Tidak ada komentar:

Posting Komentar