Kamis, 14 September 2017

Mudahnya Melayani Catering Nasi Dus



Nasi dus atawa nasi bungkus merupakan cara pengemasan nasi yang diterapkan oleh pengusaha catering untuk pelanggan. Nasi dus biasanya berisi nasi putih beserta lauk pauk untuk satu orang.

Nasi dus didesain hanya untuk satu porsi, sehingga bentuknya lebih kecil. Bila konsumen membeli dalam jumlah porsi yang sangat banyak, tentu saja nasi dus yang harus dibawa pun sesuai dengan jumlah porsi yang diinginkan.
Berbeda dengan catering prasmanan, di mana nasi, lauk, dan sayurnya disatukan dalam satu wadah besar kemudian ketika sampai di tempat di kemas lagi ke dalam peralatan yang nampak cantik, indah, serta menambah selera makan di sebuah meja prasmanan.

Nasi dus lebih ringkas, biasanya dimanfaatkan untuk melayani order makan gathering, arisan, atau makan siang di perusahaan. Keringkasan ini juga memiliki beberapa alasan lain, seperti setelah makanan habis, bungkus bisa langsung dibuang, tidak perlu mencuci dan merawatnya lagi.
Nasi dus juga praktis untuk dibawa dalam mobil selama perjalanan jauh.
Komposisi pengemasan nasi dus biasanya memanfaatkan kertas karton tebal yang dilapisi dengan daun pisang sebagai alas agar nasi tidak menempel langsung di kardus. Ada juga yang memanfaatkan kertas minyak sebagai alas agar nasi dan lauk yang dimasak dengan minyak tidak merembes langsung ke kardusnya.

Pelapisannya juga harus menutupi seluruh dasar dus, gunanya seperti yang telah disinggung, agar kardus tidak menempel langsung ke nasi, sayur, dan lauk pauk yang dikemas di dalamnya. Selain itu, fungsi dialasi juga supaya kardus tidak mudah leleh dengan sayur dan lauk pauk yang mengandung kuah dan minyak.

Sementara soal lauk yang biasanya menjadi menu nasi dus ialah daging sapi, ayam, ikan, telur, tempe, dan tahu. Keenam jenis lauk tersebut laris manis dipasaran.

Harga nasi dus relatif, tergantung kemasan nasi dus dibuat dari apa, dan lauk serta sayur yang dipilih konsumen termasuk dalam harga standar atau lebih tinggi.

Kadangkala harga nasi berlauk ayam dan daging sapi lebih mahal karena harganya yang cenderung naik turun di pasaran.
Kelengkapan lain untuk memudahkan pelanggan makan dengan nasi dus ialah dilengkapi dengan sendok plastik sekali pakai. Pengemasan nasi dus akan dilengkapi juga dengan segelas air mineral kemasan.
Rata-rata nasi bungkus berisikan satu gelas air mineral, nasi putih, satu jenis sayur, dan satu jenis lauk. Kemudian ditambah dengan sambal, lalapan, sendok plastik dan sedotan air mineral. Sesederhana itulah tampilan nasi dus.
Nasi dus sering disediakan oleh berbagai macam restoran dan warung. Bagi warung dan restoran, menyediakan nasi dus juga berarti mengembangkan potensi pelanggan.

Nasi dus disediakan untuk melayani pelanggan warung atau restoran yang punya kebiasaan take away atau untuk melayani pemesanan dalam jumlah banyak dalam sekali waktu untuk acara kantor, acara rumahan, atau ke tempat-tempat acara tertentu.

Seperti halnya jasa catering rumahan yang mengantarkan masakannya ke alamat yang disebutkan konsumen, restoran dan warung penyedia nasi dus rata-rata juga bersedia mengantarkan pesanan ke alamat yang disebutkan oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar