Kamis, 14 September 2017

Sejarah Nasi Dus



Pada zaman dahulu, nasi dus disebut dengan lunch box.
Nasi dus ini pertama kali dibuat hanya dengan menggunakan daun. Daun yang dipilih seperti daun pisang atau daun jati dimanfaatkan untuk membungkus makanan mereka.
Di negara Jepang, lunch box berupa kotak kecil yang terbuat dari kayu, yang akan dikemas lagi ke dalam selembar kain untuk memudahkan penggunanya membawanya.
Sekarang, lunch box sudah beraneka ragam, termasuk salah satunya ialah nasi dus yang dikemas ke dalam wadah yang juga terbuat dari berbagai macam bahan. Ada yang terbuat dari kardus, kertas karton tebal, dan juga sintetis.
Nasi dus yang dikemas dalam wadah berbahan sintetis biasanya dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk mengemas bekal makan siang anak-anak mereka di sekolah. Di luar negeri, nasi dus dimanfaatkan sebagai wadah bekal piknik.
Jenis-jenis nasi dus berdasarkan bahan pembuatannya
  • Bungkusan
Sebutan untuk makanan yang dikemas dalam daun pisang atau daun jati beralas kertas minyak. Metode ini berguna hanya dalam satu kali pakai. Orang-orang yang membawa bekal ke sawah, lebih banyak memanfaatkan cara ini untuk membawa bekalnya.
  • Steroform
Kotak sterofom juga dimanfaatkan sebagai pembungkus nasi. Biasanya akan dilapisi kertas minyak di bagian dasarnya sebelum makanan dikemas di dalamnya.
  • Sintetis
Kotak makan atau nasi dus ada juga yang dikemas dari bahan sintetis. Kotak makan seperti ini cenderung mudah dibawa karena dilengkapi dengan pengait untuk penguat. Kotak makan seperti ini juga dapat difungsikan lebih dari sekali.
  • Karton
Bahan yang satu ini lebih sering dijumpai sebagai bahan pembungkus. Bahan yang cukup kuat ini bisa tahan satu sampai tiga hari. Umumnya sebagai wadah makanan yang tidak berkuah atau kue.
Tujuan utama nasi di kemas dalam dus ialah:
  • Memudahkan konsumen mengangkut barang
  • Melindungi makanan agar tidak mudah rusak
  • Membuat makanan menjadi lebih menarik untuk konsumen
  • Membuat produk mudah dikenali oleh konsumen karena di atas dus bisa disertai dengan nama brand catering yang menyediakan nasi dus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar